Laman

'' Welcome In My Blog ''

Technology And Nature

Technology And Nature

Kamis, 25 Agustus 2011

BlackBerry Torch 9860 Mendobrak Tradisi QWERTY


Berbicara soal ponsel pintar BlackBerry, yang terbayang adalah ponsel untuk orang kantoran dengan deretan tombol berdesain QWERTY. Meski banyak ibu rumah tangga atau remaja yang memakainya, kesan kaku tetap saja ada. Itu lantaran sisi hiburan kurang diperhatikan.

Research in Motion, pembuat ponsel BlackBerry, mencoba mengubah persepsi itu. RIM kini menghadirkan ponsel full entertainment bernama Torch 9860. Dari tampilannya terlihat jelas bahwa Torch 9860 bukan didesain seperti ponsel BlackBerry pada umumnya. Tak ada deretan keypad berdesain QWERTY.

Sebagai pengganti, Torch 9860 dilengkapi layar sentuh berukuran 3,7 inci. Ponsel ini mengingatkan orang pada BlackBerry Storm 2 yang gagal dijual di pasaran. RIM tak mau kegagalan itu terulang. Untuk itu, Torch 9860 sudah dilengkapi dengan sistem operasi terbaru, BlackBerry 7 yang jauh lebih tangguh.

Tempo mendapat kesempatan mengutak-atik dan melihat kelebihan yang ditawarkan Torch 9860, selain tentu kekurangannya. Saat pertama kali memegang Torch 9860, Tempo seperti tak merasakan sedang menggenggam ponsel BlackBerry. Torch 9860 lebih mirip ponsel Android.

Ketika menimang, secara fisik ponsel ini tak terlalu berat, tapi juga tak bisa dibilang ringan. Bobotnya sekitar 135 gram. Namun, masih cukup nyaman jika disimpan di dalam kantong. Meski bukan ponsel tertipis di keluarga BlackBerry, Torch 9860 tetap terlihat tipis. Ponsel ini hanya memiliki ketebalan 11,5 mm, meski masih kalah dari iPhone 4 yang memiliki ketebalan 9,3 mm.

Walau sudah mengadopsi layar sentuh jenis kapasitif, tombol fisik khas BlackBerry tetap ditanamkan pada sisi bagian bawah Torch 9860. Uniknya, salah satu tombol yang dipertahankan itu adalah optical trackpad, seperti yang terdapat pada BlackBerry Gemini, selain tombol call, end, back, dan logo Blackberry.

Rasanya tombol itu sudah tak diperlukan mengingat pengoperasian ponsel ini sepenuhnya mengandalkan layar sentuh. Tapi, ada kemungkinan bagi pengguna yang terbiasa dengan optical trackpad, RIM tetap menyediakannya dan memang terkadang jari ini masih mencari trackpad.

Salah satu fitur yang paling ditonjolkan dari Torch 9860 ini adalah layarnya. Begitu dihidupkan, layar ponsel terlihat sangat cerah dengan warna tajam. Dengan mengandalkan layar 3,6 inci dengan kedalaman 16 juta warna dan resolusi layar 480 x 800 piksel, membuat Torch 9860 berbeda dari ponsel BlackBerry lainnya.

Ditambah lagi dengan aspek rasio layar 15:9 secara diagonal membuat ponsel ini mampu memutar film berformat high definition. Ketika Tempo mencoba memutar film HD di ponsel ini, gambarnya sangat tajam. Pesona warnanya begitu hidup dan nyata.

Di luar kelebihan itu, satu kelemahan dari Torch 9860 dengan layar sentuh lebarnya ini adalah ketika mengetik SMS atau BBM terasa sedikit sulit. Jika Anda terbiasa mengetik cepat dengan tombol fisik QWERTY, dengan tombol virtual akan terasa kaku. Ini yang dirasakan saat Tempo mencobanya.

Apalagi, bila ukuran jempol Anda cukup besar, ada kemungkinan terjadi kesalahan menekan huruf. Sebab, layar sentuh Torch 9860 cukup sensitif. Sekarang kita tengok bagian dalam. BlackBerry Torch 9860 menggunakan prosesor 1,2 GHz. Ini artinya Torch 9860 tidak mengalami masalah saat menjalankan berbagai aplikasi.

Transisi antarmuka pengguna juga sangat halus. Begitu pula ketika ikon aplikasi ditekan, responsnya terasa cepat. Pengalaman berselancar di dunia maya pun lebih menyenangkan. Ini berkat OS BlackBerry 7 yang menurut RIM 40 persen lebih cepat ketimbang BlackBerry 6. Padahal, OS 7 belum mendukung fitur Flash.

Untuk urusan BBM, mungkin ini yang paling penting bagi Anda, tetap tak ada masalah. Torch 9860 didukung BBM6, versi terbaru dari BlackBerry Messenger. BBM6 telah terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Jadi, ketika Anda sedang ber-BBM dengan teman, aplikasi lain tak perlu dimatikan jika Anda juga ingin bermain Angry Birds.

Rencananya BlackBerry Torch 9860 akan dilempar ke pasar pada akhir September. Soal harga, RIM Indonesia belum mau memberi bocoran. Yang jelas, BlackBerry Torch 9860 memang ditujukan bagi Anda yang menginginkan telepon pintar dengan kemampuan menyajikan hiburan tanpa batas.

FIRMAN

SPESIFIKASI


Sistem Operasi: BlackBerry 7
Prosesor: 1.2 GHz
Dimensi: 120 x 62 x 11.5 mm
Berat: 135 g
Layar: 3,7 inci TFT kapasitif sentuh 16M juta warna
Memori internal: 4 GB, 768 MB RAM
Slot: micro-SD hingga 32 GB
Koneksi: 3G, HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth
Kamera: 5 MP, 2.592 x 1.944 pixels, auto focus
Baterai: Li-Ion 1230 mAh

PLUS

- Layar sentuh 3,7 inci
- Prosesor 1,2 GHz
- 720p video high definition

MINUS
- OS BlackBerry 7 belum setangguh Android atau iOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar